SUMMARIZING
Jones (2006)
mendefinisikan strategi merangkum sebagai strategi membaca dimana pembaca
mengambil lebih banyak pilihan teks dan menguranginya menjadi kebutuhan pokok
mereka: intisari, gagasan utama, pokok-pokok yang patut dicatat dan diingat.
Webster memanggil sebuah "gagasan umum dalam bentuk singkat"; Itu
penyulingan, kondensasi, atau pengurangan pekerjaan yang lebih besar menjadi
gagasan utamanya. Pembaca menghapuskan kata-kata tambahan dan contoh-contoh
yang tidak relevan. Mereka fokus pada inti permasalahan. Mereka mencoba
menemukan kata kunci dan ungkapan yang, ketika diucapkan kemudian, masih bisa
menangkap inti dari apa yang telah mereka baca. Mereka mencoba menangkap
gagasan utama dan rincian penting yang diperlukan untuk mendukung mereka.
Prosedur
mengajar menggunakan summary
Jones (2006) menyediakan prosedur
berikut tentang bagaimana mengajarkan pemahaman bacaan melalui strategi
merangkum:
a.
Setelah siswa menggunakan garis bawah
selektif pada pilihan, mintalah mereka membalik lembaran atau menutup paket
handout dan mencoba membuat paragraf ringkasan dari apa yang dapat mereka ingat
tentang gagasan kunci dalam potongan itu. Mereka seharusnya hanya melihat ke
belakang pada garis bawah mereka saat mereka sampai pada titik terbentur.
Mereka bisa bolak-balik menulis ringkasan dan memeriksa beberapa kali garis
bawah mereka sampai mereka berhasil menangkap gagasan penting dalam artikel di
paragraf tunggal.
b.
Mintalah siswa menulis ringkasan yang
lebih cepat, terus menyempurnakan dan mengurangi potongan tertulis sampai hanya
informasi yang paling penting dan relevan. Mereka bisa memulai dengan setengah
halaman; Kemudian mencoba untuk mendapatkannya ke dua paragraf; Lalu satu
paragraf; Lalu dua atau tiga kalimat; Dan akhirnya satu kalimat.
c.
Ajarkan siswa untuk pergi dengan mantra
surat kabar: apakah mereka menggunakan kata kunci atau ungkapan untuk
mengidentifikasi siapa Siapa, Apa, Kapan, Dimana, Mengapa, dan Bagaimana.
d.
Ambil artikel dari surat kabar, dan
hentikan berita utama mereka. Minta siswa berlatih menulis tajuk utama untuk
(atau mencocokkan judul berita yang terputus) cerita tanpa kepala.
Suatu rangkuman, atau summary merupakan
suatu pernyataan singkat tentang sesuatu yang kita sudah baca. Dalam suatu
rangkuman kita menggunakan kata-kata sendiri untuk menunjukkan dengan tepat
gagasan utama yang penulis buat.
Berikut
cara menyiapkan suatu rangkuman:
1.
Ikuti cara, urutan, dan pola yang sama
dengan penulis mengembangkan teks bersangkutan .
2.
Gunakan kosa kata hanya yang kita
sendiri merasa faham. Buka kamu suntuk mencari kata yang kita tidak tahu yang
digunkan penulis dalam teksnya.
3.
Jangan memasukkan pendapat kita tentang
gagasan penulis dalam rangkuman kita. Rangkuman kita harus memberikan gagasan
akurat tentang poin-poin penulis tanpa peduli apakah kita sependapat dengan
poin –poin tersebut.
4.
Singkatnya, kita harus membuat rangkuman
sesama mungkin kontennya dengan aslinya.
Latihan 1
Summarizing: Who? and What?
Read the
paragraph and answer the questions.
|
||||||||
|
Komentar
Posting Komentar