Langsung ke konten utama

Summarizing


SUMMARIZING

Jones (2006) mendefinisikan strategi merangkum sebagai strategi membaca dimana pembaca mengambil lebih banyak pilihan teks dan menguranginya menjadi kebutuhan pokok mereka: intisari, gagasan utama, pokok-pokok yang patut dicatat dan diingat. Webster memanggil sebuah "gagasan umum dalam bentuk singkat"; Itu penyulingan, kondensasi, atau pengurangan pekerjaan yang lebih besar menjadi gagasan utamanya. Pembaca menghapuskan kata-kata tambahan dan contoh-contoh yang tidak relevan. Mereka fokus pada inti permasalahan. Mereka mencoba menemukan kata kunci dan ungkapan yang, ketika diucapkan kemudian, masih bisa menangkap inti dari apa yang telah mereka baca. Mereka mencoba menangkap gagasan utama dan rincian penting yang diperlukan untuk mendukung mereka.

Prosedur mengajar menggunakan summary
Jones (2006) menyediakan prosedur berikut tentang bagaimana mengajarkan pemahaman bacaan melalui strategi merangkum:
a.       Setelah siswa menggunakan garis bawah selektif pada pilihan, mintalah mereka membalik lembaran atau menutup paket handout dan mencoba membuat paragraf ringkasan dari apa yang dapat mereka ingat tentang gagasan kunci dalam potongan itu. Mereka seharusnya hanya melihat ke belakang pada garis bawah mereka saat mereka sampai pada titik terbentur. Mereka bisa bolak-balik menulis ringkasan dan memeriksa beberapa kali garis bawah mereka sampai mereka berhasil menangkap gagasan penting dalam artikel di paragraf tunggal.
b.      Mintalah siswa menulis ringkasan yang lebih cepat, terus menyempurnakan dan mengurangi potongan tertulis sampai hanya informasi yang paling penting dan relevan. Mereka bisa memulai dengan setengah halaman; Kemudian mencoba untuk mendapatkannya ke dua paragraf; Lalu satu paragraf; Lalu dua atau tiga kalimat; Dan akhirnya satu kalimat.
c.       Ajarkan siswa untuk pergi dengan mantra surat kabar: apakah mereka menggunakan kata kunci atau ungkapan untuk mengidentifikasi siapa Siapa, Apa, Kapan, Dimana, Mengapa, dan Bagaimana.
d.      Ambil artikel dari surat kabar, dan hentikan berita utama mereka. Minta siswa berlatih menulis tajuk utama untuk (atau mencocokkan judul berita yang terputus) cerita tanpa kepala.
Suatu rangkuman, atau summary merupakan suatu pernyataan singkat tentang sesuatu yang kita sudah baca. Dalam suatu rangkuman kita menggunakan kata-kata sendiri untuk menunjukkan dengan tepat gagasan utama yang penulis buat.

Berikut cara menyiapkan suatu rangkuman:
1.      Ikuti cara, urutan, dan pola yang sama dengan penulis mengembangkan teks bersangkutan .
2.      Gunakan kosa kata hanya yang kita sendiri merasa faham. Buka kamu suntuk mencari kata yang kita tidak tahu yang digunkan penulis dalam teksnya.
3.      Jangan memasukkan pendapat kita tentang gagasan penulis dalam rangkuman kita. Rangkuman kita harus memberikan gagasan akurat tentang poin-poin penulis tanpa peduli apakah kita sependapat dengan poin –poin tersebut.
4.      Singkatnya, kita harus membuat rangkuman sesama mungkin kontennya dengan aslinya.


Latihan 1

Summarizing: Who? and What?
Read the paragraph and answer the questions.
1. 
Long ago, animals could talk. A golden lion roamed the African plains. He rested on a big, flat rock. A large bird soared in the sky.
"I wish I could fly like that bird," the lion said. "Maybe if I run fast, I can leap into the air!" The silly lion tried all day. He wore himself out. Then he gave up. "Why did I want to fly?" he asked. "All the fun is here on the ground!"

Who is this story about?




What does he want to do?



2. 
David looked out at the lawn. The big oak trees that filled the yard had been covered with green leaves all summer. Now the trees were bare. The leaves were brown and yellow. They covered the ground in a thick layer. The problem was that Mom wanted him to rake them into a pile.
David called his friend Mark for help. Mark loved playing outside. He showed David how much fun they could have with the leaves. First, they raked piles of leaves into one big pile. They were careful to remove sticks. Then they took turns running to the pile and jumping in. At the end of the day, they raked the pile together again, wearing big smiles on their faces.

Who did David call for help?




What did Mark do?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

DRAWING CONCLUSIONS AND PREDICTING OUTCOMES

DRAWING CONCLUSIONS AND PREDICTING OUTCOMES Membaca merupakan suatu proses aktif. Makna tidak hanya ada di halaman teks atau di benak pembaca. Makna diciptakan oleh suatu interaksi aktif antara pembaca dan teks. Berdasarkan pengetahuan umum kita dan informasi dalam teks, kita, sebagai pembaca yang baik, mengembangkan prediksi akan apa teks yang mungkin mendahului teks yang sedang kita baca, dan apa kelanjutannya; kemudian kita membaca untuk menegaskan apakah ekspektasi kita terpenuhi atau terbukti. Jika tidak terpenuhi, kita akan membaca ulang, dan menciptakan prediksi baru. Membaca yang seksama menginterpretasikan apa yang dia baca; yakni, dia mencoba menjelaskan dan mengerti gagasan-gagasan yang dimunculkan oleh kegiatan membacanya. Di antara cara untuk membangun keterampilan menginterpretasikan adalah mencoba menarik simpulan dari apa yang penulis sampaikan. Suatu bacaan member kita informasi tentang suatu topic. Pembaca yang baik mampu menggunakan informasi sendiri un

Latihan Skimming

LATIHAN 1 Help Reading Comprehension - Applying for a Job Skim the following job advertisements: 1.       Needed: Full time secretary position available. Applicants should have at least 2 years experience and be able to type 60 words a minute. No computer skills required. Apply in person at United Business Ltd., 17 Browning Street. Are you looking for a part time job? We require 3 part time shop assistants to work during the evening. No experience required, applicants should between 18 and 26. Call 366 - 76564 for more information. Computer trained secretaries: Do you have experience working with computers? Would you like a full time position working in an exciting new company? If your answer is yes, give us a call at 344-5487 Teacher Needed: Tommy's Kindergarten needs 2 teacher/trainers to help with classes from 9 a.m. to 3 p.m. Applicants should have appropriate licenses. For more information visit Tommy's Kinderg

Making Inference

MAKING INFERENCE Inference adalah suatu proses dimana kita menggunakan tanda-tanda atau isyarat-isyarat untuk mengumpulkan informasi. Tanda-tanda, isyarat-isyarat, bukti-bukti tentang suatu perkara muncul saat kita membaca. Tapi karena informasi tidak selalu dinyatakan dengan hubungan yang pasti, kita harus melengkapi informasi kita sendiri berdasarkan isyarat-isyarat tadi.   Inference merupakan ketrampilan yang penting karena meng- inference membantu kita memenuhi informasi yang hanya diisyaratkan penulis. Amati wacana di bawah ini dan jawab pertanyaan yang mengikutinya. After lunch Ratu took her bike and sneaked quietly into the yard. She moved carefully to the plot of soil under the oak in the back of the house as she checked to see that nobody watched her. She learned her bicycle against the tree and bent down. All around dark clouds rumbled noisy in the sky; a streak of yellow zig-zagged far away, and she trembled. Digging swiftly in the earth she made a small hole