Langsung ke konten utama

Making Inference


MAKING INFERENCE

Inference adalah suatu proses dimana kita menggunakan tanda-tanda atau isyarat-isyarat untuk mengumpulkan informasi. Tanda-tanda, isyarat-isyarat, bukti-bukti tentang suatu perkara muncul saat kita membaca. Tapi karena informasi tidak selalu dinyatakan dengan hubungan yang pasti, kita harus melengkapi informasi kita sendiri berdasarkan isyarat-isyarat tadi.  Inference merupakan ketrampilan yang penting karena meng-inference membantu kita memenuhi informasi yang hanya diisyaratkan penulis.
Amati wacana di bawah ini dan jawab pertanyaan yang mengikutinya.
After lunch Ratu took her bike and sneaked quietly into the yard. She moved carefully to the plot of soil under the oak in the back of the house as she checked to see that nobody watched her. She learned her bicycle against the tree and bent down. All around dark clouds rumbled noisy in the sky; a streak of yellow zig-zagged far away, and she trembled. Digging swiftly in the earth she made a small hole and an instant took a crushed deeply and smiled. She was glad that was over! Now no one would find it or know how she got it. Certainly it would be there later when she wanted it.
1. Ratu is probably___
A.      a teenager
B.      a young mother
C.     a child of three or four
3. This event probably took place___
A.      on a snowy winter afternoon
B.      before a summer rainstorm
C.     one night during Easter

2. About money, Ratu probable___
A.      got it as a gift for her father
B.      earned it
C.     got it  a suspicious way

4. After she hides the money, Ratu feels___
A.      very guilty and sorry
B.      relieved
C.     that someone saw her

Untuk menjawab semua pertanyaan di atas, kita harus menggunakan ketrampilan inference. Kalimat-kalimat tentang Ratu hanya memeberi isyarat-isyarat tentang pertanyaan yang ditanyakan. Tak satu pun jawaban yang ditanyakn  secara pasti dalam wacana.
Kita tahu Ratu seorang remaja belia (teenager) dari tindakan-tindakan dan pikiran-pikirannya, yang terlalu maju untuk dikelompokkan ke dalam usia tiga atau empat tahun. Terlebih, seorang ibu muda umumnya tidak bersepeda. Jawaban yang tepat untuk pertanyaan nomor 1 (satu) adalah A.
Karena dia menyelinap ke halaman (sneaked into the yard) dan karena dia mengamati kalau-kalau ada orang yang melihatnya, kita menduga-simpulkan (infer) bahwa Ratu telah melakukan suatu kesalahan. Manakala dia pikir tidak akan ada orang yang mengetahui bagaimana dia mendapatkan uang tersebut, kita menduga-simpulkan bahwa dia menerima uang tadi dengan cara yang mencurigakan. Jawaban yang tepat untuk pertanyaan nomor 2 adalah C.
Awan yang bergemuruh dan lintasan kuning — ini tentunya geledek­­— mengisyaratkan bahwa badai akan datang. Hot earth (tanah yang panas) mengisyaratkan summer (musim panas). Di samping itu, Ratu keluar setelah makan siang, jadi latarnya bukanlah waktu malam. Jawaban yang tepat untuk pertanyaan nomor 3 adalah B.
Kita dapat menduga simpulkan dari napas Ratu yang dalam (deep breath) dari dari pernyataan “ she was glad that was over” bahwa dia merasa lega permasalahannya sudah berlalu setelah dia menyembunyikan uang tersebut. Jawaban yang tepat untuk pertanyaan nomor  4 adalah B.
Mengembangkan Keterampilan Menginferensi
àCoba untuk membaca di luar kata-kata. Isi detail-detail informasi–informasi berdasarkan isyarat-isyarat penulis.
àBertanyalah pada diri sendiri saat kita membaca. “ Mengapa Ratu menyembunyikan uang?”, kita mungkin telah bertanya-tanya saat kita sedang membaca. “Mengapa ada awan dan petir di langit?”. Kita harus mendapatkan jawaban berdasarkan isyarat-isyarat penulis dan pengalaman sendiri.
àJika seorang penulis menggambarkan seseorang, coba pahami orang bersangkutan dari bagaimana dia bergerak, apa yang dikatakan, apa tampangnya. Kita dapat menduga-simpulkan hal-hal tentang karakter orang dari cara dia berperilaku. Coba bangun gambaran orang dalam benak kita; dasarkan gambaran kita pada deskripsi penulis tentang tindakan dan penampilan.
àJika suatu buku teks atau seorang guru bertanya suatu pertanyaan yang kita tidak dapat jawab dengan mudah dari apa yang kita baca, ingat untuk menggunakan inferensi. Kembali pada bagian bacaan dimana kita berharap mendapatkan jawaban; kemudian lihat apakah penulis mengisyaratkan sesuatu yang kita sendiri harus lengkapi dalam hubungan yang lebih jelas.

Komentar

  1. Mksih byk Ya Allah, smg anda selalu Di panjang umur, sehat wal afiaat selalu, Aamiin

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DRAWING CONCLUSIONS AND PREDICTING OUTCOMES

DRAWING CONCLUSIONS AND PREDICTING OUTCOMES Membaca merupakan suatu proses aktif. Makna tidak hanya ada di halaman teks atau di benak pembaca. Makna diciptakan oleh suatu interaksi aktif antara pembaca dan teks. Berdasarkan pengetahuan umum kita dan informasi dalam teks, kita, sebagai pembaca yang baik, mengembangkan prediksi akan apa teks yang mungkin mendahului teks yang sedang kita baca, dan apa kelanjutannya; kemudian kita membaca untuk menegaskan apakah ekspektasi kita terpenuhi atau terbukti. Jika tidak terpenuhi, kita akan membaca ulang, dan menciptakan prediksi baru. Membaca yang seksama menginterpretasikan apa yang dia baca; yakni, dia mencoba menjelaskan dan mengerti gagasan-gagasan yang dimunculkan oleh kegiatan membacanya. Di antara cara untuk membangun keterampilan menginterpretasikan adalah mencoba menarik simpulan dari apa yang penulis sampaikan. Suatu bacaan member kita informasi tentang suatu topic. Pembaca yang baik mampu menggunakan informasi sendiri un

Latihan Skimming

LATIHAN 1 Help Reading Comprehension - Applying for a Job Skim the following job advertisements: 1.       Needed: Full time secretary position available. Applicants should have at least 2 years experience and be able to type 60 words a minute. No computer skills required. Apply in person at United Business Ltd., 17 Browning Street. Are you looking for a part time job? We require 3 part time shop assistants to work during the evening. No experience required, applicants should between 18 and 26. Call 366 - 76564 for more information. Computer trained secretaries: Do you have experience working with computers? Would you like a full time position working in an exciting new company? If your answer is yes, give us a call at 344-5487 Teacher Needed: Tommy's Kindergarten needs 2 teacher/trainers to help with classes from 9 a.m. to 3 p.m. Applicants should have appropriate licenses. For more information visit Tommy's Kinderg