Langsung ke konten utama

SCANNING


SCANNING

Scanning adalah teknik membaca untuk menemukan secara cepat informasi spesifik dalam teks sambil mengabaikan makna yang lebih luas, ia mencari gagasan utama dalam teks tertulis (Brown, 2001: 308). Teknik  scanning juga membantu siswa untuk mengatasi tugas tersebut, yaitu untuk memahami makna teks fungsional pendek dan esai sederhana dalam bentuk  report, naratif dan eksposisi analitis dalam konteks situasi sehari-hari dan juga untuk mendapatkan pengetahuan.
Kemudian, Menurut Brown (2001: 308), strategi scanning adalah strategi untuk menemukan informasi spesifik dengan cepat dalam teks sambil mengabaikan makna yang lebih luas. Ini mencari kata kunci atau gagasan dalam informasi teks tertulis seperti nama, tanggal, tempat, atau beberapa konten tertentu tanpa membaca keseluruhan artikel. Pembaca juga dapat memindai teks yang mencari petunjuk gambar yang dapat membantu mereka mengidentifikasi kata-kata yang tidak dikenal.
Selanjutnya, Menurut Cross (1992), Scanning berarti mencari dengan suatu tujuan. David Cross juga memberi analogis antara penggunaan scanning pada kehidupan sehari-hari. Bila seseorang memiliki masalah medis, dokter memindai atau mencari bagian tubuh yang memberi masalah. Pencarian ini dilakukan dengan sangat hati-hati dan teliti. Dan setelah pemindaian selesai, apa yang dilakukan dokter dengan temuan itu? Dia menggunakan data untuk mendiagnosis masalah medis dan untuk memulai perawatan. Memindai teks bacaan memiliki prosedur dan tujuan yang sama. Pembaca tidak membaca teks atau bagian dalam ruang hampa. Dia memiliki tujuan dan proses scanning membantu dia untuk mewujudkan tujuan membaca. Jadi, Scanning  bisa diartikan sebagai membaca teks dengan cepat untuk mencari informasi spesifik.
Seseorang menggunakan scanning sebagai sub-keterampilan membaca saat dia ingin mengetahui jawaban atas pertanyaan spesifik. Scanning berarti mengarahkan matamu ke teks untuk menemukan sesuatu yang menonjol, seperti nama atau tanggal. Pembaca biasanya memindai teks untuk informasi yang berkaitan dengan kata, nama, angka, gambar, lokasi, dll. Saat memindai, pembaca hanya mencoba untuk menemukan informasi spesifik dan seringkali bahkan tidak membaca keseluruhan bagian untuk melakukannya. Dia hanya membiarkan matanya berkeliaran di atas teks sampai dia menemukan apa yang dia cari, entah itu nama, tanggal atau informasi yang kurang spesifik.

Deskripsi tentang Scanning dinyatakan oleh Ana Arundel Community Colege Reading and Study Skill Lab (1999), Scanning sangat berguna untuk menemukan nama, tanggal, statistik, atau fakta tertentu tanpa membaca keseluruhan artikel. Scanning berguna untuk menemukan pernyataan, definisi, formula, dll. Sementara Bell (2001) menggambarkan sistem  Scannning adalah sebagai teknik yang sering digunakan seseorang saat melihat sebuah kata di buku telepon atau kamus. Biasanya digunakan untuk mencari kata kunci atau gagasan.  Pada umumnya, pembaca tahu apa yang dia cari, jadi dia berkonsentrasi untuk menemukan jawaban tertentu.

Langkah-langkah penggunaan Scanning
Menurut Arundel di Reading and Study Skill Lab (1999), ada beberapa langkah untuk memaksimalkan penggunaan scanning pada reading comprehension.


1.      Ingat selalu sepanjang waktu apa yang sedang Anda cari.
2.      Mengantisipasi dalam bentuk apa informasi tersebut kemungkinan akan muncul angka, kata benda , dll.
3.      Kenali jenis teks terlebih dahulu sebelum mulai melakukan scanning. Jika materinya familiar atau cukup singkat, anda mungkin bisa menscan keseluruhan artikel dalam satu pencarian. Tapi jika materinya panjang atau sulit, mungkin perlu menentukan bagian mana dari artikel yang akan scanning.
4.      Biarkan mata anda bergerak cepat melewati beberapa baris sekaligus pada sebuah paragrap atau artikel.
5.      Baca keseluruhan kalimat saat anda menemukan kalimat yang memiliki informasi yang Anda cari.

Langkah atau proses scanning yang lain yakni:
Scanning dilakukandengancara:
1.      Menggerakan mata seperti anak panah langsung meluncur kebawah menemukan informasi yang telah ditetapkan.
2.      Setelah ditemukan kecepatan diperlambat atau menemukan keterangan lengkap dari informasi yang dicari, dan
3.      Pembaca dituntut memiliki pemahaman yang baik berkaitan dengan karakteristik yang dibaca (misalnya, kamus disusun secara alfabetis dan ada keyword di setiap halaman bagian kanan atas, ensiklopedi disusun secara alfabetis dengan pembalikan untuk istilah yang terdiri dari dua kata, dan sebagainya).

Tujuan
Adapun tujuan dari membaca Scanning yaitu:
1.      Mencari informasi dalam buku secara cepat,
2.      Scanning merupakan teknik membaca cepat untuk menemukan informasi yang telah ditentukan pembaca,
3.      Pembaca telah menentukan kata yang dicari sebelum kegiatan scanning dilakukan, pembaca tidak membaca bagian lain dari teks kecuali informasi yang dicari.
4.      Mendapatkan informasi spesifik dari sebuah teks. Biasanya, ini dilakukan jika anda telah mengetahui dengan pasti yang anda cari sehingga  berkonsentrasi mencari jawaban yang spesifik.

Sebagai kesimpulan, saat Anda memindai, Anda tidak membaca keseluruhan teks. Anda hanya membaca bagian teks yang akan menjawab pertanyaan Anda atau yang sesuai dengan tujuan membaca Anda. Misalnya, ketika seseorang ingin memberi label sebuah diagram, ia hanya membaca paragraf yang memberikan deskripsi tentang diagram tersebut. Bagian lainnya tidak relevan baginya. Dalam pemindaian, pembaca biasanya memiliki pertanyaan, atau sesuatu yang spesifik untuk dicarinya. Mungkin nomor telepon, kutipan tertentu dalam buku, atau fakta pendukung untuk digunakan dalam diskusi. Saat seseorang memindai, tujuannya hanya untuk menemukan informasi yang dia inginkan. Ketika menemukannya, dia selesai membaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DRAWING CONCLUSIONS AND PREDICTING OUTCOMES

DRAWING CONCLUSIONS AND PREDICTING OUTCOMES Membaca merupakan suatu proses aktif. Makna tidak hanya ada di halaman teks atau di benak pembaca. Makna diciptakan oleh suatu interaksi aktif antara pembaca dan teks. Berdasarkan pengetahuan umum kita dan informasi dalam teks, kita, sebagai pembaca yang baik, mengembangkan prediksi akan apa teks yang mungkin mendahului teks yang sedang kita baca, dan apa kelanjutannya; kemudian kita membaca untuk menegaskan apakah ekspektasi kita terpenuhi atau terbukti. Jika tidak terpenuhi, kita akan membaca ulang, dan menciptakan prediksi baru. Membaca yang seksama menginterpretasikan apa yang dia baca; yakni, dia mencoba menjelaskan dan mengerti gagasan-gagasan yang dimunculkan oleh kegiatan membacanya. Di antara cara untuk membangun keterampilan menginterpretasikan adalah mencoba menarik simpulan dari apa yang penulis sampaikan. Suatu bacaan member kita informasi tentang suatu topic. Pembaca yang baik mampu menggunakan informasi sendiri un

Latihan Skimming

LATIHAN 1 Help Reading Comprehension - Applying for a Job Skim the following job advertisements: 1.       Needed: Full time secretary position available. Applicants should have at least 2 years experience and be able to type 60 words a minute. No computer skills required. Apply in person at United Business Ltd., 17 Browning Street. Are you looking for a part time job? We require 3 part time shop assistants to work during the evening. No experience required, applicants should between 18 and 26. Call 366 - 76564 for more information. Computer trained secretaries: Do you have experience working with computers? Would you like a full time position working in an exciting new company? If your answer is yes, give us a call at 344-5487 Teacher Needed: Tommy's Kindergarten needs 2 teacher/trainers to help with classes from 9 a.m. to 3 p.m. Applicants should have appropriate licenses. For more information visit Tommy's Kinderg

Making Inference

MAKING INFERENCE Inference adalah suatu proses dimana kita menggunakan tanda-tanda atau isyarat-isyarat untuk mengumpulkan informasi. Tanda-tanda, isyarat-isyarat, bukti-bukti tentang suatu perkara muncul saat kita membaca. Tapi karena informasi tidak selalu dinyatakan dengan hubungan yang pasti, kita harus melengkapi informasi kita sendiri berdasarkan isyarat-isyarat tadi.   Inference merupakan ketrampilan yang penting karena meng- inference membantu kita memenuhi informasi yang hanya diisyaratkan penulis. Amati wacana di bawah ini dan jawab pertanyaan yang mengikutinya. After lunch Ratu took her bike and sneaked quietly into the yard. She moved carefully to the plot of soil under the oak in the back of the house as she checked to see that nobody watched her. She learned her bicycle against the tree and bent down. All around dark clouds rumbled noisy in the sky; a streak of yellow zig-zagged far away, and she trembled. Digging swiftly in the earth she made a small hole